AyiD

The Real Me

Otak Kita dan Ingatan 3-D

brain.jpgBulan ini, National Geographic menampilkan cover story tentang ingatan dan mengapa otak terkadang mengingat sesuatu dan kadang melupakannya. Dimulai dengan wanita yang mengingat hampir setiap menit dalam hidupnya sejak berumur 11 tahun, dan mengapa otak laki-laki, tidak mengetahui apa-apa selain hal yang terjadi saat ini.
Setelah membaca artikel ini, pastikan untuk melihat grafik Peta Ingatan 3-D yang sangat keren. Sangat mengasyikkan untuk menjelajahi seluruh bagian otak kita, dan jangan lupakan untuk melihat bagian “Forgetting”. Bagian itu memperlihatkan bagaimana daya ingat kehilangan kemampuannya selaras dengan pertambahan usia. Gambaran pertama yang muncul adalah adalah kesibukan sel-sel otak dan neurons yang berseliweran yang menggambarkan otak pada saat kita berusia 16 tahun. Dengan menggeser slider yang berada di bawah frame kita bisa melihat bagaimana otak akan mengalami penurunan kemampuan seiring bertambahnya usia. Slider lain akan memperlihatkan perkembangan yang menakutkan dari Alzheimer.
kita juga bisa memainkan Permainan Ingatan. Dalam permainan ini kita harus bisa meningat letak dari gambar-gambar binatang, angka, ataupun huruf dalam waktu 10 detik. Angka yang diperoleh tergantung seberapa cepat anda meletakkan gambar yang sesuai di tempat yang sesuai. Sayang sekali situs ini tidak memberitahu apakah angka yang didapat menandakan apakah otak kita masih berfungsi dengan baik atau sudah mengalami penurunan.

Written by Dardiri

March 10, 2008 at 6:16 PM

%d bloggers like this: