AyiD

The Real Me

Jarak Menonton Televisi

leave a comment »

Apakah duduk terlalu dekat dengan televisi akan merusak mata anak?
Menurut para ahli tidaklah demikian. Pada kenyataannya, anak-anak dapat fokus dengan jarak dekat secara lebih baik dibandingkan orang dewasa tanpa harus mengalami ketegangan mata. Ini terjadi karena lensa mata, yang berubah fokusnya untuk pandangan jarak dekat dan jarak jauh, cenderung menurun fleksibilitasnya seiring pertambahan usia.
Biasanya, duduk sangat dekat dengan perangkat televisi merupakan kebiasaan yang disingkirkan anak-anak. Tetapi duduk sangat dekat dengan layar TV agar mendapatkan kesan gambar yang lebih jelas, mungkin gejala rabun jauh. Dan anak-anak yang selalu berbuat begitu sebaiknya diuji matanya apakah menderita miopia atau tidak.
Menurut para ahli mata, peringatan orang tua tradisional tentang hal-hal yang merusak mata hanya sebagian yang valid. Sebagai contoh, membaca dengan lampu redup dapat melelahkan mata, tetapi tidak merusak mata.
Mata penat adalah resiko dari aktivitas membaca dengan lampu redup atau memakai komputer untuk jangka waktu yang lama. Tetapi kondisi ini dapat dikembalikan dan dapat dicegah dengan mengukur secara sadar seperti lensa-lensa korektif secara akurat ditentukan untuk jarak dmana lensa tersebut akan digunakan, dan sering-sering mengedipkan mata untuk membasahi mata yang kering. Secara teratur mengalihkan tatapan ke seberang ruangan sangat dianjurkan, karena menatap objek-objek jauh biasanya memulihkan mata yang tegang.
Jika pandangan kabur atau mata cepat lelah, sudah tiba waktunya anda pergi ke ahli mata untuk memeriksakan mata anda.

The New York Times Second Book of Science Questions and Answers

Written by Dardiri

September 19, 2008 at 12:52 PM

Posted in Others

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: