AyiD

The Real Me

mana prinsip pemberitaan yang berimbang di kompas?

leave a comment »

sejak disahkannya UU ITE hari selasa lalu, kompas menurunkan berbagai berita dengan narasumber tunggal roy suryo, yang isinya kebanyakan celotehan beliau yang berupaya menyudutkan blogger dan hacker, bahkan menjurus ke fitnah. untuk ulasan lebih lanjut silakan kunjungi blog blogger dan hacker.

—————-
diawali dengan artikel di kompas hari selasa yang berisi celotehan roy suryo yang menyudutkan blogger dan hacker. namun anehnya artikel tersebut mendadak hilang dan digantikan dengan artikel lain, namun bisa dilihat dari komentar-komentar yang ada masih merujuk ke artikel yang lama. untung ada google cache, sehingga masih bisa dilihat isi artikel aslinya:

artikel asli kompas
Klik digambar untuk memperbesar

lalu dilanjutkan dengan artikel di kompas hari jumat kemarin, lagi-lagi berisi celotehan roy suryo menyalahkan blogger dan hacker sebagai pihak yang bertanggung-jawab atas peristiwa defacing situs depkominfo dan golkar. masih ditambah dengan menantang mereka untuk merusak situs presiden dan situs partai demokrat, kalau begini sebenarnya siapa yang mengadu domba?

pada artikel-artikel tersebut sama sekali tidak terlihat usaha untuk melakukan CROSS CHECK ke blogger maupun hacker. pada ngapain wartawan kompas? apa sudah terlalu malas mencari narasumber untuk menulis berita yang berimbang, atau memang generasi kompas sekarang memang begini kredonya, percaya bulat-bulat pada satu narasumber yang bahkan isi celotehannya sangat tendensius dan isinya cuma defamation of character?

Bagi saya pribadi ini adalah tindakan pengecut para hacker dan blogger. Saya hanya korban sekunder. Korban primernya ya Depkominfo dan Partai Golkar. Hacker dan Blogger jelas ada di balik kasus ini. Karena mereka paling nggak setuju dengan pengesahan UU ITE,” ujar Roy Suryo yang dihubungi kompas.com melalui telepon.

tindakan pengecut para hacker dan blogger. berdasarkan wawancara dengan pelaku defacing, dia bukanlah blogger.

Hacker dan Blogger jelas ada di balik kasus ini. Karena mereka paling nggak setuju dengan pengesahan UU ITE. hati-hati roy suryo, anda telah menuduh tanpa bukti. kalau memang anda yakin dan tahu pelakunya adalah blogger, paparkan buktinya!

ujar Roy Suryo yang dihubungi kompas.com melalui telepon. ok, jadi wartawan kompas menghubungi roy suryo melalui telpon. lalu mana usaha wartawan kompas menghubungi para blogger? butuh yang high profile? semoga nama-nama berikut ini cukup high profile untuk kompas: juwono sudarsono, budi rahardjo, wimar witoelar, yusril ihza mahendra.

Ia menambahkan, tindakan pengecut para hacker dan blogger juga bisa dilihat dari tindakan mereka yang tidak langsung menyerang website yang supervisi oleh dirinya. “Kasihan Depkominfo, kasihan Partai Golkar. Mereka tidak salah tapi jadi sasaran mereka padahal saya nggak di belakang situs tersebut. Kenapa nggak situsnya Presiden SBY atau Partai Demokrat yang diserang dimana jelas-jelas saya menjadi supervisornya,” tambah Roy.

sungguh sebuah pernyataan yang tidak bijak. buat saya, partai demokrat jelas bukan pilihan untuk para blogger, mengingat adanya roy suryo yang punya dendam kesumat ke blogger di sana.

Saya salah satu orang yang paling keras menyuarakan UU ITE, dan itu jelas bertentangan dengan para hacker dan blogger. Mereka menganggap UU ITE melanggar prinsip kebebasan,” tegas Roy.

sejak kapan roy suryo menjadi juru bicara para blogger? bukankah para blogger tidak dianggap apa-apa oleh beliau, mengapa beliau memberikan pernyataan mengatas-namakan blogger? dan mengapa kompas menulis celotehan roy suryo tanpa sama sekali berusaha bertanya ke blogger apa sikap mereka?

lihat ada pengakuan dari sang pelaku defacing, dan di situs golkar dia meninggalkan pesan bahwa dia bukan blogger; juga cara mengontak pelaku sudah jelas terlihat pada gambar yang dia tinggalkan, mana usaha wartawan kompas untuk melakukan wawancara?

jadi, ada apa dengan kompas?.

source / sumber

Written by Dardiri

March 31, 2008 at 6:28 PM

Posted in Serba-serbi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: