AyiD

The Real Me

Mau Memaafkan Beliau?

with 2 comments

soeharto.jpgSetiap kali orang yang satu ini masuk rumah sakit, pasti akan dilanjutkan dengan kontroversi seputar kasus hukum yang sedang berlangsung. Entah karena muatan politis atau karena ketakutan para penegak hukum tidak bisa menuntaskan kasus ini.
Tapi satu hal yang pasti menurut saya adalah seberapa besar kesalahan yang dituduhkan kepada beliau, kita sebagai bangsa yang berhati besar harus bisa dan mau memaafkan
kesalahan beliau. Apalagi jasa yang telah dilakukan untuk negara ini juga tidak sedikit.
Sebagai mantan orang nomer satu di negara ini beliau sangat paham akan pentingnya kesatuan. Meskipun kata sebagian orang, beliau memerintah dengan gaya sedikit diktator (yang saya pikir sangat diperlukan oleh negara ini), tetapi terbukti negara ini dulunya -katanya- sangat makmur. Murah sandang pangan -kalau boleh mengutip sebuah lirik lagu yang sangat populer jaman orde baru- walau kita tidak tau darimana asalnya (katanya hasil hutang).
Beliau juga sangat perhatian kepada kaum petani. Sesuatu yang -kalau boleh saya katakan-
tidak dilakukan oleh pemimpin kita setelahnya. Beliau sangat mengerti bahwa dengan sejarah bangsa ini yang hidup dari agraria, para petani akan menjadi faktor penting berkembangnya negara ini. Cita-cita ingin melihat negara kita untuk swasembada pangan dengan program REPELITA-nya, sayangnya belum terealisasi.
Kepedulian terhadap rakyat kecil juga ditunjukkan dengan seringnya beliau berkumpul dengan
mereka. Contoh bagaimana seringnya beliau menghadiri acara kelompencapir. Sesuatu yang juga jarang dilakukan oleh pemimpin saat ini.
Wibawa beliau di mata internasional juga membuat negara ini tidak dipandang oleh negara lain terutama di kawasan ASEAN. Coba lihat apakah dulu Malaysia berani bertingkah macam-macam ketika beliau berkuasa?????
Saya bukannya berpihak kepada Pak Harto. Saya juga ingin harta negara yang katanya dibawa lari itu dikembalikan. Tetapi sekali lagi kita juga harus berbesar hati mengakui segala j
asa-jasanya. Saya yakin semua yang beliau lakukan adalah semata-mata wujud kecintaannya rterhadap negeri ini. Seperti kita yang sedang jatuh cinta kepada seseorang, maka kita akan melakukan apapun untuk membahagiakannya walaupun terkadang jalan yang kita tempuh itu salah.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya…..

Written by Dardiri

January 26, 2008 at 9:03 AM

Posted in Lain-lain

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bangsa yang besar belajar dari kesalahan para pendahulunya, dan itu lebih penting untuk melihat kedepan.

    klanjabrik

    January 29, 2008 at 3:15 AM

  2. benar sekali..dan sekarang beliau sudah meninggal dan kita telah kehilangan salah satu putra terbaik yang pernah dimiliki bangsa ini

    Dardiri

    January 29, 2008 at 8:13 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: