AyiD

The Real Me

SABAR

with one comment

What thats mean?
Dalam Islam, yang dimaksud dengan sabar adalah tabah dalam menghadapi segala situasi yang tidak menyenangkan dalam hidup dan tidak mengenal putus asa.
Dalam al-Qur’an surah Fusshilat : 49 dikatakan : “Manusia tidak jemu memohon kebaikan, dan jika mereka ditimpa malapetaka dia menjadi putus asa lagi putus harapan”. Putus asa adalah sifat yang tercela. Tidak selayaknya seorang manusia berputus asa dalam segala hal, baik dalam berdo’a kepada Allah maupun dalam menghadapi kehidupan ini.
Ketika kita berdo’a kepada Allah, maka tidak terlepas dari dua kemungkinan, dikabulkan atau tidak. Kalau dikabulkan kita harus segera bersyukur kepada Allah. Namun bila merasa belum dikabulkan, kita tidak dibolehkan cepat-cepat berkeyakinan bahwa do’a kita tidak dikabulkan Allah. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Mungkin do’a kita belum dikabulkan Allah, atau Allah akan mengganti dengan yang lebih baik dari yang kita minta, atau mungkin diri kita belum siap atau tidak layak untuk mendapatkan permintaan kita.
Itulah, maka doa yang kita panjatkan kepada Allah, hasil dan buahnya tidak bisa kita ukur dengan waktu. Rasulullah pernah berdo’a “Ya Allah berilah petunjuk kaumku, karena mereka banyak yang bodoh”. Apa yang terjadi, apakah semua kaumnya beriman? Ternyata sampai Rasulullah wafat pun masih banyak kaumnya yang tidak beriman, namun Rasulullah tidak berputus asa dan terus berusaha bahkan berpesa kepada umatnya agar meneruskan perjuangannya.
Dalam sebuah hadist Rasulullah mengatakan : “Mintalah karunia Allah, karena Allah senang kalau dimintai sesuatu dan sebaik-baik ibadah adalah menunggu dibukanya kesulitan kita” (H.R. Tirmizi).
Itulah sebaik-baik ibadah, menunggu hingga dihilangkannya kesulitan dan kesedihan kita dan tidak mengeluh kepada selain Allah.
Sikap seorang mu’min yang baik adalah yang tidak mudah berputus asa dan tidak mudah kecewa, senantiasa besar hati dalam menerima apapun yang dialami dan dideritanya, karena itu semua atas kehendak Allah. Maka dalam ayat lain dikatakan bahwa sikap berputus asa adalah sikap orang kafir (al-Ankabut: 23). Ini karena mereka yang berputus asa atas rahmat Allah telah menentang kehendak Allah dan ingin memaksa Allah dengan kehendaknya.
Sabar, memang berat. Namun dibalik beratnya kesabaran tersimpan rahasia keutamaan yang menakjubkan. Kesabaran memang terasa berat dan memang berat, namun ingat dibalik kesabaran tersebut seorang akan mendapat banyak faedah, baik bersifat duniawi maupun ukhrowi. Allah menjadikan beragam faedah tersebut agar manusia berusaha istiqamah dalam kesabaran.
Kata orang sabar itu ada batasnya. Kalu begitu simaklah ini baik-baik!
“Sebuah amalan hati…tiada memiliki batas…
dan sabar…adalah salah satu amalan hati…
karenanya, sabar tiada memiliki batas…”

Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. amiiiin….

 

 

Written by Dardiri

September 29, 2007 at 3:23 PM

Posted in Agama

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mudah-mudahan…

    Superiklan

    October 1, 2007 at 11:49 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: