AyiD

The Real Me

Nyam-nyam Segarnya Makan Semangka

with 5 comments

Anda suka semangka? Saya termasuk orang yang sangat menggemarinya. Saya bahkan dapat menghabiskan semangka berukuran besar seorang diri dalam waktu singkat. Sebenarnya anda tahu gak sih apa kegunaan buah yang satu ini?

images.jpgPertama-tama kita kenalan dulu dengan buah ini. Semangka berasal dari daerah tropik dan subtropik Afrika. Tumbuh liar di tepi jalan, padang belukar, pantai laut, atau ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman buah. Semangka dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1.000 m dpl. Tanaman semusim ini tumbuh menjalar di atas tanah atau memanjat dengan sulur-sulur atau alat pembelit. Batang lunak, bersegi dan berambut, panjangnya 1,5–5 m. Sulur tumbuh dari ketiak daun, bercabang 2–3. Daun letak berseling, bertangkai, helaian daun lebar dan berbulu, berbagi menjari, dengan ujung runcing, panjang 3–25 cm, lebar 1,5–15 cm, tepi bergelombang, kadang bergigi tidak teratur, permukaan bawah berambut rapat pada tulangnya. Bunga uniseksual, keluar dari ketiak daun, tunggal, biasanya bunga jantan lebih banyak, berbentuk lonceng lebar, warnanya kuning, mekar pada pagi hari. Buah berbentuk bola sampai bulat memanjang, besar bervariasi dengan panjang 20–30 cm, diameter 15–20 cm, dengan berat mulai dari 4 kg sampai 20 kg. Kulit buahnya tebal dan berdaging, licin, warnanya bermacam-macam seperti hijau tua, kuning agak putih, atau hijau muda bergaris-garis putih. Daging buah warnanya merah, merah muda (pink), jingga (oranye), kuning, bahkan ada yang putih. Biji bentuk memanjang, pipih, warnanya hitam, putih, kuning, atau cokelat kemerahan. Ada juga yang tanpa biji (seedless). Biji yang sudah diolah disebut kuaci. Cara membuatnya, kumpulkan biji, lalu jemur dan sangrai. Setelah dingin, rendam dalam air garam seharian, lalu jemur kembali di panas matahari. Semangka selain dimakan sebagai buah segar juga dapat diminum sebagai jus. Buah semangka jangan dimakan dengan gula aren karena dapat terbentuk racun, terutama sangat mengganggu pada orang yang pencernaannya lemah. Racun ini dapat menimbulkan kejang-kejang dan diare sampai menyebabkan kematian. Perbanyakan dengan biji.

Manfaat Semangka
Kulit buah dan daging buah rasanya manis, sifatnya dingin, afinitas ke meridian jantung, lambung, dan kandung kemih. Semangka berkhasiat sebagai penyejuk tubuh selagi cuaca panas, peluruh kencing (diuretik), antiradang, melumas usus, dan menghilangkan haus. Pada pengobatan tradisional Cina, semangka digunakan untuk melawan bentuk “summer heat” yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyak berkeringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urine jernih, diare, dan mudah marah. Buah atau jus buahnya meringankan gejala-gejala di atas, meningkatkan keluarnya urin, dan membersihkan ginjal. Biji rasanya manis, sifatnya netral. Berkhasiat peluruh kencing (diuretik), menyehatkan ginjal, menyejukkan pada radang kandung kemih, dan melembabkan usus. EFEK FARMAKOLOGIS DAN HASIL PENELITIAN Mengonsumsi semangka yang mempunyai kadar likopen cukup tinggi mengurangi risiko terkena kanker prostat. Pada percobaan yang dilakukan All India Institute of Sciences New Delhi pada 30 orang pria tidak subur berusia 23–45 tahun yang diberi 20 mg likopen dua kali sehari selama 3 bulan, menunjukkan peningkatan jumlah sperma, struktur sperma membaik, dan peningkatan pergerakan sperma. Dari 30 responden tersebut, 6 diantaranya berhasil menghamili istrinya. Senyawa asam amino sitrulin dapat meningkatkan produksi nitritoksida, yang berperan pada kemampuan ereksi pada pria. Sitrulin mudah diserap tubuh sehingga konsentrasi maksimum di dalam darah lebih mudah dicapai.

Komposisi :
Daging buah semangka rendah kalori dan mengandung air sebanyak 93,4%, protein 0,5%, karbohidrat 5,3%, lemak 0,1%, serat 0,2%, abu 0,5%, dan vitamin (A, B dan C). Selain itu, juga mengandung asam amino sitrullin (C6H13N3O3), asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen (C4oH5

Written by Dardiri

April 27, 2007 at 2:49 PM

Posted in Kesehatan

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. jelek banget to desain webnya…apa gak malu tu…ihh jijik aku..norak bgt..jgn marah lho..ini kritik yang membangun kok

    sdfsd

    April 28, 2007 at 7:11 AM

  2. kreatifan dikit dong

    Anonymous

    May 31, 2007 at 8:28 AM

  3. sebenarnya zat apa saja sich yang terkandung dalam semangka yang dicampur gula aren sehingga bisa mengakibatkan kematian????????

    devia

    August 6, 2007 at 3:37 PM

  4. saya ingin bertanya..
    sehubungan dengan karya ilmiah yang akan saya buat.. saya ingin mengetahui zat apa yang dapat menjadi racun dan menyebabkan diare apa bila semangka dan gula areb di konsumsi secara bersamaan?
    terima kasih sebelumnya

    tsaqiful fakar

    July 26, 2012 at 4:37 AM

  5. Terus terang gw gak sanggup makan semangka lebih dari tiga iris, bisa sakit kepala seharian. Karena saya ada gejala darah rendah. dulu sakit kepala karena makan semangka tidak saya sadari lama-lama saya tahu kalau makan semangka lebih dari tiga iris saya bisa sakit kepala. bahkan sebelum tahu saya makan semangka bisa mabok, satu buah besar bisa saya habiskan namun kemudian timbul sakit kepala saya kira karena faktor lain. Tapi setahu saya makan semangka plus gula tidak apa2 kecuali bawaannya mau buang air kecil melulu.
    Kalau gula merah apalagi gula aren, malah dapat meningkatkan stamina. Ini saya katahui dari pengalaman saya yang sering mengikuti jelajah alam selama berhari-hari. saya sering membawa beberapa jantung gula merah untuk bekal diperjalanan tubuh tidak akan mudah lelah dan tahan lapar. Bahkan kalau dari sakit kita minum gula merah + santan kelapa membuat tubuh kita cepat segar.
    Dulu di Lampung Barat saya pernah disuguhi minuman kopi+gula aren+lada wah luar biasa hangatnya tubuh kita.dan membuat ingin selalu aktif (ladanya cukup tiga butir).
    Saya sih g tahu apa kandungan bahan2 tersebut tapi perasaan kita lebih baik bila setelah mengkonsumsi gula merah, namun untuk semangka saya harus bisa membatasi diri kalau tidak mau sakit kepala. atau cuma sugesti saja ya…. entahlah….

    Mr Galau

    November 5, 2012 at 8:55 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: