AyiD

The Real Me

Pingin Punya Anak Cerdas?

leave a comment »

Semua orangtua pasti ingin memiliki anak yang cerdas? Tetapi apakah orangtua yang bisa dikatakan bodoh bisa memiliki anak yang cerdas? Ataukah kecerdasan hanya diturunkan dari orangtua yang cerdas juga?

Ternyata menurut penelitian, faktor keturunan hanya mempengaruhi 30-40% kecerdasan sang anak. Yang lebih berpengaruh adalah faktor lingkungan dimana sang anak akan dilatih kemampuan otaknya setiap hari. Juga tidak kalah pentingnya nutrisi yang diberikan orangtua ketika anak masih di dalam kandungan dan ketika masih kecil karena perkembangan otak si kecil ketika masih di dalam kandungan sangatlah berpengaruh pada potensi otak yang akan dimiliki sang anak. Sang ibu haruslah memenuhi asupan gizi buat buah hati karena meskipun massa otak hanya sekitar 16% dari massa janin tetapi menyerap 70% dari total energi yang dibutuhkan janin.

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan sel otak untuk sempurna. Bila faktor gizinya tidak diperhatikan dengan baik, maka kemungkinan ketidaksempurnaan pertumbuhan sel otak dapat terjadi. Selain itu pemberian ASI ketika balita sangatlah penting, karena kandungan ASI yang sangat bermanfaat bagi bayi. ASI kaya akan asam lemak tak jenuh ganda (Poly Unsaturated Fatty Acid atau PUFA). Jenis PUFA yang berperan untuk kecerdasan seorang anak yaitu AA(Arachidonic Acid) dan DHA (Docosa Hexanoic Acid). AA dan DHA merupakan komponen penting sel otak karena sekitar 25% lemak penyusun otak terdiri dari DHA. DHA berperan untuk pertumbuhan otak bayi sejak masih di dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh dewasa.

Selain untuk pertumbuhan otak, PUFA berperan juga untuk kemampuan kognitif dan ketajaman penglihatan. Ketika masih di dalam kandungan, bayi memperoleh asupan PUFA secara langsung melalui plasenta. Setelah lahir, bayi dapat memperolehnya melalui ASI dan makanan lainnya seperti telur, ikan, dan daging.

Written by Dardiri

April 25, 2007 at 4:38 PM

Posted in Serba-serbi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: