AyiD

The Real Me

Mau Coba Bekatul?

with 7 comments

padi.jpgAnda tahu Bekatul? Itu lho hasil sampingan penggilingan gabah yang berasal dari kulit padi. Ternyata bekatul yang biasanya digunakan untuk pakan ternak itu bisa juga dikonsumsi oleh manusia.
Nilai gizi bekatul sangat baik, kaya akan vitamin B, vitamin E, asam lemak esensial, serat pangan, protein, oryzanol, dan asam ferulat. Pada tulisan ini akan dipaparkan komposisi fitokimia, stabilitas dan manfaat kesehatan bekatul serta potensinya sebagai pangan fungsional.
Para ahli mengatakan bahwa bekatul memiliki kandungan senyawa fitokimia yang dapat mencegah penyakit degeneratif. Komponen penting lainnya adalah senyawa tokol (tokotrienol dan tokoferol). Tokoferol adalah vitamin E yang bersifat antioksidan yang kuat sehingga penting dalam menjaga kesehatan manusia. Kandungan lainnya yang juga memberikan pengaruh kesehatan sangat menguntungkan adalah oryzanol dan asam ferulat (ferulic acid).
Efek hipoklesterolemik bekatul dan beberapa fraksinya (neutral detergent fiber, hemiselulosa, minyak bekatul padi, dan bahan tak tersabunkan) telah banyak diorservasi baik pada hewan percobaan maupun manusia. Minyak bekatul padi menurunkan secara nyata kadar kolesterol darah, LDL kolesterol, VLDL kolesterol, dan dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol darah. Kemampuan minyak bekatul padi menurunkan kadar kolesterol dikarenakan adanya oryzanol dan kemampuan lainnya dari bahan yang tidak tersabunkan. Disamping mempunyai efek dapat menurunkan kadar kolesterol darah, penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam ferulat juga mempunyai peranan dalam menurunkan tekanan darah dan glukosa darah baik pada uji hewan maupun uji manusia.
ntuk pangan, bekatul dapat dicampur dengan bahan lain pada pembuatan biskuit, kue, dan lain-lain. Penggunaan bekatul secara komersial di luar negeri baru pengekstrakan bekatul untuk minyak goreng. Pemanfaatan bekatul yang telah diawetkan sebagai makanan sarapan sereal, dengan perbandingan (%) tepung beras : bekatul dari 90 : 10 sampai dengan 30 : 70. Substitusi bekatul padi 15 % pada tepung terigu dilaporkan memberikan hasil yang optimal terhadap penerimaan cookies dan roti manis. Substitusi ini meningkatkan kandungan serat pangan (hemiselulosa, selulosa, dan lignin) dan niasin pada produk (Muchtadi et al., 1995).
Selain itu bekatul juga merupakan bahan makanan yang baik untuk diet. Saya pernah membaca bahwa artis Olga Lidya mengkonsumsi bekatul untuk dietnya, dan itu katanya terbukti ampuh untuk menjaga bentuk tubuhnya seperti saat ini. Katanya lagi dengan mengkonsumsi bekatul ia tidak mudah lapar dibandingkan dengan memakan sereal.
Jadi gimana apakah anda tertarik untuk mencoba menu baru yang berasal dari bekatul? Atau anda malu apabila nanti banyak teman anda yang mengejek anda karena harus memakan makanan ternak?

Written by Dardiri

April 24, 2007 at 1:42 PM

Posted in Serba-serbi

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Beli dimana ?

    Triono R.S

    November 11, 2007 at 11:36 AM

  2. kayaknya sekarang banyak toko obat yang jual bekatul
    dan aku pernah tau sih di toko obat cina coba aja cari2

    Dardiri

    November 12, 2007 at 10:34 AM

  3. WINARTO

    December 26, 2007 at 1:26 AM

  4. @ mas Winarto: terima kasih ya buat infonya…

    Dardiri

    December 30, 2007 at 10:19 AM

  5. hubungi di 021 32496289 / 8863423… bekatul beras putih ataupun merah sudah tersedia..

    dian

    June 1, 2008 at 4:00 AM

  6. kira-kira padi varietas apa yang bagus untuk dibuat bekatul yang bisa dikonsumsi

    sulastri

    April 6, 2009 at 8:53 AM

  7. bekatul tuh sama dengan beras merah ya? di pontianak ada yg jual gak ya?

    lina

    August 26, 2009 at 11:39 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: