AyiD

The Real Me

Rokok sebabkan Keriput

with 2 comments

rokok2.jpgSetiap orang tentu tak ingin terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit mudah keriput, selain sinar matahari faktor lainnya adalah rokok. Menurut para spesialis kulit (dermatologis), merokok akan menyebabkan kerusakan sel kulit di seluruh bagian tubuh.
Untuk membuktikan teori tersebut, tim peneliti dari Universitas Michigan, AS, melakukan riset untuk melihat dampak rokok terhadap kulit di telapak tangan para perokok dan bukan perokok.

Studi-studi sebelumnya hanya memfokuskan pada bagian wajah, di mana bagian itu sebenarnya juga mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Namun penelitian yang dilakukan Ann Arbour dan timnya ini lebih difokuskan pada penuaan kulit akibat faktor rokok saja.
Dalam risetnya, tim peneliti mengambil foto bagian telapak tangan luar dan dalam dari 82 orang responden yang berusia 22 – 91 tahun. Jarak usia para responden yang luas ini memang dimaksudkan untuk mengetahui proses penuaan yang terjadi pada kulit muda dan tua.
Hampir setengah responden ini memiliki riwayat menjadi perokok berat. Sebagian besar sudah merokok selama 24 tahun. Setiap harinya mereka menghabiskan rokok mulai dari seperempat bungkus hingga empat bungkus.
Tim peneliti membuat sembilan skala nilai untuk mengukur kerusakan kulit yang tidak terpapar cahaya. Pada responden yang berusia di atas 65 tahun, ada dua poin perbedaan nilai antara perokok dan bukan perokok. Sementara itu pada responden yang berusia di atas 45 tahun, perbedaannya hanya sekitar satu poin.
Menurut ketua tim peneliti, Dr.Yolanda Helfrich, dermatologis, kriteria pengukuran dari tes ini adalah jumlah rokok yang dihisap perhari, total per tahun dan berapa lama mereka sudah merokok, berkorelasi dengan jumlah penurunan elastisitas kulit. Makin lama Anda menjadi perokok, makin cepat kulit Anda keriput.
(Sumber: BBC)

Written by Dardiri

March 27, 2007 at 7:19 PM

Posted in Gaya Hidup, Kesehatan

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. contohnya ya kamu itu yi, semakin lama ngerokok semakin cepet keriput hehe

    dina

    April 6, 2007 at 11:17 PM

  2. makanya, cepetan keriputnya biar ga takut ngerokok lagi.😀

    ah-ah....

    April 10, 2007 at 10:42 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: