AyiD

The Real Me

Mau Turunkan Berat Badan?

with 4 comments

karb.jpgDalam studi termutakhir terhadap orang gemuk dan obesitas, diketahui mereka yang menjalankan diet rendah karbohidrat lebih cepat menurunkan berat badannya dibanding dengan mereka yang melakukan diet rendah lemak.
Setelah melakukan diet rendah karbohidrat selama 12 minggu, para responden berhasil menurunkan bobot tubuhnya sebanyak 4,9 kilogram, sedangkan mereka yang menjalankan diet rendah lemak hanya turun 2,5 kg.

Kemudian program menjaga berat badan tersebut dilanjutkan hingga 24 minggu. Namun tidak didapatkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok diet tersebut.
Meski begitu, menurut Dr.Kevin C.Maki, salah seorang tim peneliti, diet rendah karbohidrat tetap lebih efektif untuk mengurangi lemak dan mengontrol berat badan.
Maki dan timnya meminta para responden untuk mengurangi kadar glycemic dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dan banyak mengonsumsi makanan yang indeks glycemic-nya rendah, yakni makanan yang mengandung serat seperti sayuran, kacang dan gandum.
Selama dua minggu pertama para responden diminta tidak mengonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi seperti buah dan makanan yang memiliki zat tepung. Mereka juga diminta menghindari alkhol, tetapi mereka diijinkan untuk makan sebanyak yang dikehendaki.
Sebaliknya responden dalam kelompok diet rendah lemak hanya diijinkan mengonsumsi 500 – 800 kalori per hari, menghindari makanan berlemak dan mengontrol porsi makanannya.
Setelah 12 minggu, para responden dari kelompok diet rendah karbohidrat mengalami penurunan berat yang signifikan dibanding dengan kelompok diet rendah lemak. Setelah 36 minggu, kelompok rendah karbohidrat beratnya berkurang 4,5 kg, sedang kelompok diet lemak berkurang 2,6 kg, tidak terlihat perbedaan mencolok.
Studi lanjutan masih akan dilakukan oleh tim peneliti untuk memastikan apakah mekanisme penurunan tubuh terkait dengan asupan karbohidrat. Selain itu masih dicari pula strategi yang paling tepat untuk mengontrol berat badan dalam jangka panjang.
(Sumber: Reuters)

Written by Dardiri

March 26, 2007 at 7:15 PM

Posted in Kesehatan, Tips

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. iya bner… diet karbohidrat emank lebih gampang nurunin berat badan..
    Q ajabs turun 2 kilo dalam 2 minggu tanpa makan nasi..
    hehe..
    tapi klo bsa nahan laper c….

    fathia

    April 2, 2007 at 9:39 AM

  2. trus, kalo nda makan yg berkarbohidrat..gantinya apa dong fathia. bagi2 menu dong😛
    nda makan nasi sehari aja.. rasanya weird gitu.

    mary

    May 25, 2007 at 8:05 AM

  3. aku ini cewe yang susaaaaaah banget nurunin berat badan..kalo aku bisa nurunin bb 2 kg, eh malah jadi naik 5 kg…hiks.hiks.hiks..help me dwong

    rie

    August 21, 2007 at 6:21 AM

  4. menurut gw…mending lo tinggal di somalia aja, jadi lo bisa lebih banyak prihatin and menderita…sooo, lo bisa sukses menurunkan berat badan…hehehehehehehe.. never give up

    dinie

    August 21, 2007 at 6:24 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: