AyiD

The Real Me

Save The Water

leave a comment »

air.jpegTanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Air tidak terbantahkan memiliki peran yang sangat vital bagi kehidupan. Manusia tidak dapat hidup tanpa air lebih dari lima hari. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Tanpa konsumsi air yang cukup, manusia bisa mengalami berbagai penyakit diantaranya gangguan fungsi ginjal, konstipasi, infeksi saluran urine, kelelahan, dan berbagai masalah seputar rambut dan kuku. Maka dari itu kita diharuskan untuk meminum sekurang-kurangnya 2 liter air perhari.

Tetapi saat ini terjadi isu kelangkaan air bersih yang melanda dunia. Menurut penelitian Tahun 2006 sekitar 1,1 milyar penduduk dunia tidak memiliki akses terhadap air bersih dimana 720 juta diantaranya berada di Asia. Di berbagai belahan dunia jumlah air yangn tersedia menurun dan kualitasnya memburuk.

Secara teoritis, ketersediaan air bersih dan sehat memang terus menurun. Banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain bertambahnya jumlah penduduk yang mengakibatkan jatah air bersih per orang menurun. Kemudian juga adanya pencemaran oleh limbah industri yang semakin meningkat. Perubahan fungsi daerah resapan juga ikut mempengaruhi turunnya kualitas air. Daerah hutan yang sedianya bisa untuk menampung air berubah menjadi pemukiman sehingga air tidak dapat terserap tetapi langsung mengalir ke laut yang kadang-kadang dalam perjalanannya menimbulkan bencana seperti banjir.

Perilaku kita yang saat ini sama sekali tidak perduli akan lingkungan bisa membuat anak cucu kita tidak bisa lagi mendapatkan air bersih. Jadi mari kita jaga lingkungan kita dan jangan mencemari sumber-sumber air yang ada.

Written by Dardiri

March 23, 2007 at 4:59 PM

Posted in Serba-serbi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: