AyiD

The Real Me

Berhenti Merokok

with 9 comments

Setiap orang mungkin sudah tahu betapa berbahayanya merokok. Akan tetapi mengapa masih banyak orang yang masih sulit untuk meninggalkan kebiasaan itu?

rokok.jpgBanyak orang telah berusaha berhenti merokok. Ada yang bernazar kalau berhasil berhenti, ada yang mengulum permen untuk menggantikan rokok. Ada pula orang yang melakukan banyak aktivitas untuk melupakan keinginan merokok.Dari beberapa penelitian selalu ditemukan bahwa 70-80 persen perokok mempunyai keinginan untuk berhenti merokok. Ada yang telah tiga sampai empat kali mencoba, tetapi belum berhasil juga.

Sebenarnya bagaimana kiat-kiat untuk berhenti menghisap ribuan racun dari asap rokok atau paling tidak untuk menguranginya? Banyak metode yang pernah disarankan oleh para ahli diantaranya mengganti rokok dengan permen. Akan tetapi beberapa teman saya yang pernah mencobanya beranggapan bahwa permen tidak seenak rokok.

Ada juga yang menyarankan untuk berpuasa sehingga konsumsi rokok berkurang. Lagi-lagi teman saya berkomentar, “lha kalo sudah waktunya buka puasa rokoknya juga langsung jalan lagi”. Terus apa sih yang paling penting dari seseorang yang ingin menghentikan atau mengurangi kebiasaan merokoknya?

Menurut saya yang terpenting adalah niat. Tanpa niat yang kuat, sesorang akan tetap menghisap rokok terus-menerus. Kemudian yang kedua adalah kondisi di sekitar kita. Perokok yang hidup di lingkungan dimana rokok merupakan barang yang mudah didapat dan merokok bukanlah sesuatu hal yang dilarang, akan sulit sekali untuk menghentikan kebiasaannya. Saya bahkan memiliki seorang teman perkok berat yang di tempat ia bekerja disediakan asbak, yang saya artikan sebagai “SILAHKAN ANDA MEROKOK”. Bahkan tempat bekerjanya itu memakai pengatur suhu (AC), yang biasanya merupakan ruanan bebas rokok.

Saya tidak yakin dengan semacam penyuluhan tentang bahaya rokok akan dapat mengurangi jumlah perokok di Indonesia, karena semua perokok sudah tahu tentang jumlah racun yang ada dalam rokok tetapi toh mereka tetap merokok juga. Menurut saya untuk dapat mengurangi kebiasaan merokok haruslah dengan paksaan. Contohnya dengan mengurangi ruang publik yang dapat diguakan untuk merokok seperti yang sudah dilakukan di Jakarta. Atau sekalian membatasi peredaran rokok, yang dimana akan sulit sekali untuk dilakukan karena rokok merupakan penyumbang pajak yang sangat besar.

Jadi menurut saya inilah daftar hal-hal yang harus dilakukan oleh orang yang ingin mengurangi kebiasaan merokoknya:

  1. Niatlah dengan sungguh-sungguh
  2. Hindari berkumpul dengan orang-orang yang merupakan perokok berat
  3. Susunlah daftar alasan mengapa anda harus berhenti merokok
  4. Nikmati hidup, gunakan uang anda yang sedianya untuk membeli rokok untuk membeli hal-hal yang lain
  5. Dan yang menurut saya cara paling jitu untuk mengurangi rokok adalah dengan mencari pacar atau pasangan hidup yang sangat membenci rokok bahkan tahu anda habis merokok dengan mecium bau anda sehingga anda akan berpikir dua kali untuk merokok sebelum anda bertemu dengannya.  

Written by Dardiri

March 13, 2007 at 2:28 PM

Posted in Kesehatan, Tips

9 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. wah susah dong kalo harus nyari pacar dulu aku ini kan JOMBLO SEJATI

    Perokok berat

    March 13, 2007 at 3:51 PM

  2. Terima kasih mas Ayi atas tips2nya… Mudah-mudahan saya bisa mengurangi…

    Jabrik

    March 14, 2007 at 4:36 AM

  3. Wah sama-sam soalnya saya juga ingin berhenti merokok.
    BIAR IRIT!!!

    Dardiri

    March 14, 2007 at 7:17 PM

  4. help me!cowokku perokok

    cantix

    March 24, 2007 at 8:30 AM

  5. wakakakaakaka
    masalah berhenti merokok tuh…. tanya ama saya……
    saya dah berhenti merokok selama dua tahun…..
    trus menjadi juara III dalam lomba berhenti merokok pada hari tembakau se dunia tahun lalu….
    trus masalah…..
    “Dan yang menurut saya cara paling jitu untuk mengurangi rokok adalah dengan mencari pacar atau pasangan hidup yang sangat membenci rokok bahkan tahu anda habis merokok dengan mecium bau anda sehingga anda akan berpikir dua kali untuk merokok sebelum anda bertemu dengannya”.
    cara ini tidak mendidik, karena dengan begitu akan membuat seseorang jadi…. muna mungkin yach….
    ketika ma ce-nya berperilaku tidak merokok… setelah ce-nya pergi…. kambuh lagi….. sama aja boong dong…..

    preside

    March 25, 2007 at 7:46 PM

  6. tux cantix cowokmu niat gak buat berhenti ato sekedar ngurangi rokoknya?
    kamu suka gak kalo dia ngerokok atau malah kamu benci banget liat atau membaui aroma rokok darinya?
    kalo kamu gak suka,ancam aja. banyak temen2 cewekku yang ngancem putus gara2 cowoknya ketahuan ngerokok

    Dardiri

    March 25, 2007 at 7:46 PM

  7. hiks………
    cowokku tu bndel bange.etzs……
    gina dunk bilanginnya biar berhenti mrokok……..

    peppo

    November 4, 2007 at 6:00 AM

  8. biasanya orang belum bisa berhenti sebelum dia sakit
    aku juga seperti itu, biasanya aku bisa berhenti kalo pas flu berat tapi biasanya cuma bertahan 1 bulan habis itu merokok lagi.
    habis gimana ya…..udah kebiasaan sih
    tapi biasanya kalo aku ketahuan merokok sama pacarku langsung deh rokokku dibuang…hehehehe.

    Dardiri

    November 5, 2007 at 4:34 AM

  9. PcAr q ua bAndEL bngEtz. . .Rsx mO q pTusin aZa. .Tp t bkan jLan yG baEk. .:),cBa cruh pCarx dngrin lgu Tak pernah Rela dr d’massiv. .

    Dardiri says:

    hahahaha gak rela tapi tetep menerima ya

    T3nny

    April 4, 2009 at 6:29 AM


Leave a Reply

