AyiD

The Real Me

Terapi Jus Buah dan Sayur

with 33 comments

buah.jpgManfaat buah dan sayur bagi kesehatan tentu telah begitu familier di telinga kita. Namun, pernahkah Anda mendengar terapi pengobatan bermacam penyakit dengan menggunakan jus buah dan sayuran?
Peracik
minuman jus buah kesehatan dan pengobatan Rindy mengatakan, terapi jus yang dilakukan secara kontinu akan memberikan hasil sesuai yang diharapkan. Hanya untuk mendapatkan reaksi itu, perlu rentang waktu sekitar tiga bulan.
Khusus untuk pengobatan, kami perlu mengonsumsi jus yang sesuai kebutuhan mengobati penyakit tertentu setiap hari, setidaknya delapan gelas. Sedangkan kalau untuk pencegahan cukup mengonsumsi tiga gelas dalam sehari,” ungkapnya.

Sebagai contoh, untuk jus pelangsing alias menurunkan berat badan, jus yang dikonsumsi terdiri dari bahan buah apel, wortel, dan pepaya. Banyaknya delapan gelas sehari dan tanpa mengonsumsi nasi. ”Sebab jus ini bikin kenyang, dua gelas mampu menahan lapar sampai 6 jam karena jus ini tanpa membuang ampas sama sekali,” imbuh Rindy.
Lebih jauh dia memaparkan komposisi bahan buah dan sayuran dalam satu gelas jus. Untuk pengobatan panas dalam, bahannya cukup satu buah pir dan satu buah jeruk. Terlebih dulu kulit dan biji jeruk dibuang lalu dijus jadi satu gelas dan langsung dikonsumsi.
Meskipun jus kesehatan ini pada prinsipnya tanpa membuang ampas, untuk beberapa jenis buah ada yang dibuang bijinya. Tapi untuk beberapa jenis pengobatan tertentu, ada juga yang dijus bersamaan dengan bijinya. Sebagai contoh untuk pengobatan asam urat diperlukan pula biji sirsak, semangka plus kulit, daun salam, dan jeruk lemon.
Untuk pengobatan antistroke, bahan yang diperlukan yakni buah jambu klutuk setengah bagian, buah kesemek seperempat, jeruk separuh dan apel seperempat. Bahan tadi dicampur jadi satu dan dijus maksimal 5 menit.

Terapi pengobatan jus bisa dibarengi dengan pengobatan konvensional. Umumnya, pelanggan kami setelah menjalani terapi ini selama satu bulan, kemudian dia mengecek perkembangannya di laboratorium kesehatan yang terletak di depan kios jus ini,” sebut Rindi.
Selanjutnya untuk pengobatan antikolesterol terdiri atas bahan nanas seperempat bagian dibagi empat, wortel empat irisan tebal, labu ukuran kecil satu buah, dan daun sawi dua batang. Untuk pelangsing, apelnya cukup separuh, wortel empat irisan, pepaya dari seperempat buah dipotong lagi separuh. Kemudian prosesnya sama dicampur jadi satu dijus dan langsung dikonsumsi.

Bila dikonsumsi rutin selama satu bulan, setiap harinya 8 gelas, maka maksimal mampu menurunkan berat badan 3-10 kg,” katanya. Jus berkhasiat sehat pria mengandung bahan dua biji nangka, wortel tiga irisan, nanas seperempat dibagi empat, kuning telur dua, dan madu sachet. Khusus sehat pria apabila dalam satu hari mengonsumsi enam gelas, maka dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh pria.
Selain pengobatan di atas tadi, jus buah kesehatan dengan variasi buah dan sayuran berbeda ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit lainnya, seperti antikanker, antirematik, antiwasir dan antisembelit.
Benarkah apabila kita menjalani terapi mengonsumsi jus buah dan sayuran ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit tadi. Memang belum diketahui hasil kajian medisnya, sebab racikan ini diperoleh hanya berdasarkan referensi tertulis saja dan belum pernah ada penelitian untuk menguji khasiatnya.
Namun, buah dan sayuran sendiri memang telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah dapat mencegah kelebihan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, hipertensi, katarak. Di samping itu menyebabkan kualitas hidup menjadi prima di usia senja. Awet muda, bugar, dan mencerahkan kulit.
Berdasarkan
The American Journal of Epidemology, pria yang mengonsumsi lebih banyak buah seperti buah citrus dan jus dapat mengurangi terjadinya luka pada mulut yang dapat berkembang menjadi kanker.
Sebenarnya, semua sel squamous carcinomas pada mulut berasal dari premalignant,” tutur peneliti Harvard School of Public Health di Boston, Dr Kaumudi Joshipura.

(Sumber: OKZone.com)

Written by Dardiri

April 10, 2007 at 9:45 AM

Posted in Kesehatan

33 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Assalamualaikum… wah tipsnya ok tuh.boleh gak minta tips biar bisa lebih gemuk+tinggi,katanya kalau belum umur 20 thn kan masih bisa lebih tinggi,tapi kata dokter saya gak boleh olahraga berlebihan jadi gimana dong.atas [perhatian dan jawabannya saya ucapkan trimakasih dan selamat berkarya,
    Wassalamualaikum….

    LINA OKTA

    April 26, 2007 at 3:23 AM

  2. Waalaikumsalam
    wah tumben nih ada orang yang mau tahu caranya jadi gemuk. biasanya juga pada mau langsing. tapi ok deh nanti saya buatkan tips untuk orang-orang yang mau tambah gemuk n tinggi. tapi sabar yaaa

    Dardiri

    April 27, 2007 at 1:35 PM

    • Q gg pngen gmu’cm pngen tnggi gto

      tya

      October 5, 2010 at 7:02 PM

  3. saya kepingin punya warung “jus kesehatan “. bagaimana ya tuk dapetin ilmu takaran buah/ sayur yang pas dan bisa tokcer. aku tunggu trims

    mukti

    May 15, 2007 at 8:49 AM

  4. please bantuin yah…
    mamanya sahabat saya udah lama mengidap penyakit kanker rahim dan sekarang kondisi nya makin melemah, saya pernah denegr kalo terapi jus juga bisa menyembuhkan penyakit tersebut…
    tetapi bagaimana caranya?
    tolong sekali yah !!!
    terima kasiy banyak

    mitha

    July 2, 2007 at 3:55 AM

    • bawa aja ke RS HOLISTIC Purwakarta disana ada program
      terapy jus dan terapy2 lainnya untuk macam2 penyakit

      lydia sari

      June 30, 2010 at 8:51 AM

  5. pengen tau donk anka resep jus buat kesehatan, misalnya buat berbagai penyakit ringan dan berat.plese ya kirim resepnya ke email ku.thanks

    safitri oktaviani

    July 10, 2007 at 2:51 AM

  6. pengen gemuk dan tinggi donk,,cepet ya kasih solusinya…
    kirim ke email ku

    ipank

    July 11, 2007 at 9:40 AM

  7. q mau nanyak masalah penangan penyakit diabetes, tolong ya kasih solusinya cos keluarga q banyak yang terserang penyakit ini, thax bgt sebelumnya

    mustofiyah

    February 12, 2008 at 4:32 AM

  8. lanjut nih, q nanyak klo diabetes ama asam urat itu sama g se,trus klo sama q kurang jelas tuh sama tips yg di atas pliiiiiiiiiiiiiiiiis! ta tunggu solusinya ok thax for all

    mustofiyah

    February 12, 2008 at 4:37 AM

  9. resep jus buahnya mana? thank sebelonnya

    mas agus

    May 10, 2008 at 2:39 AM

  10. assalamu’alaikum
    iya, q jg pengen tau lbh jauh tt terapi jus ini. kasih th yach?

    end

    May 19, 2008 at 7:31 AM

  11. kemaren aku juga habis ngikutin seminar kesehatan mengenai juz buah dan sayuran itu.
    kereeen bangeet..sayang cuma sebentar..aku jadi pengen tau lebih banyak tentang jenis2 jus, khasiat, takarannya, dan kandungan fitokimia dalam juz tersebut. tolong dunk kirim info2 itu ke emai qu..kan ilmu itu akan mendatangkan berkah jika kita bagi dengan orang lain juga..iya kan:-)

    rietha

    May 22, 2008 at 5:12 AM

  12. ditunggu yach…secepatnya…thanks b4

    rietha

    May 22, 2008 at 5:33 AM

  13. kacian dech yang kagak bisa emuk

    yuda

    June 4, 2008 at 5:20 AM

  14. boleh minta resep2 untuk kesehatan n segala sakit penyakit?? makasih y..
    kalo bisa, tolong kirim d email saya. Terima Kasih..

    lina

    December 15, 2008 at 9:05 AM

  15. boleh minta resep jus untuk kesehatan n semua sakit penyakit?? makasih.. tolong balas d email saya. sekali lagi terima kasih:)

    lina

    December 15, 2008 at 9:11 AM

  16. bapak saya sering kambuh asam uratnya.minum obat sudah bosan. mohon pencerahan mengenai jus buah atau sayuran yang dapat meredakan sakitnya sekaligus menyembuhkan.saya tunggu balasannya di email saya.trims sebelumnya.

    julyanty

    January 4, 2009 at 10:45 AM

  17. adik saya menderita sakit kanker indung telur. apa ada resep jus untuk pengobatannya ya? tolong ya?

    arif

    February 23, 2009 at 3:22 AM

  18. nice post

    jus buah

    March 24, 2009 at 3:38 AM

  19. Numpang lewat… masih ada hubungan nya dengan Jus buah coba mampir ke http://www.toza-juice.com atau http://www.toza-indonesia.com tresedia jus buah segar alami, tanpa bahan pengawet dan bahan kimia, aman buat penderita diabet dan darah tinggi karena hanya menggunakan pemanis fruktosa ( gula buah ) yang sangat aman buat kesehatan…. salam

    tondo

    April 22, 2009 at 7:10 AM

  20. yang dari alam memang baik untuk kesehatan.

    niswahadzra

    May 12, 2009 at 11:40 PM

  21. Menarik jg nih,tp yg saya tau n dah coba buah n sayuran di jus n tdk memakai air alias dperas tanpa menggunakan ampas. Kdang dhrskan pake juicer biar gak repot x pas buat jus-a. Apa beda-a ya? Mana yg lebih bgus?

    Oni riana

    July 26, 2009 at 6:09 PM

    • Sejak anak saya yang kedua terkena flek paru2 tahun ’98, dokter ahli paru menyarankan saya agar anak-anak dibiasakan minum jus buah setiap hari sebelum makan nasi, saya coba dan ternyata setelah 3 bulan rutin minum jus tiap pagi, perkembangan badannya sangat bagus, melihat hasilnya bagus jadi sampai sekarang minum jus jadi sarapan kami tiap pagi. Alhamdulillah terimakasih Ya Allah ternyata obat tidak harus yang pahit atau ga enak.

      Dini

      August 5, 2009 at 2:34 PM

  22. Hallo. . Koe mau nanya,terapi jus buat langsing kan,apel,wortel,pepaya.tp tanpa makn nasi, klu makan nasi bisa g sih tu , orang indonesia identik dngan nasi,klu g makan nasi, gmn gt . .he . He . .
    Tlng jwb ya. Thnks

    reski

    August 26, 2009 at 8:14 AM

  23. Memang bener seh… Buah dan sayur kaya akan manfaat. Saya ada koleksi tips buwat anda semua yang kepingin lebih mengetahui resep-resep dari bahan sayur dan buah. Bahkan juga dapat dijadikan obat. Kunjungi juga ya…

    http://ksupointer.com/2009/terapi-jus-diet-4-buah-dan-sayuran-serta-khasiatnya

    http://ksupointer.com/2009/terapi-jus

    atau ada juga di http://carahidup.um.ac.id/

    Tutik

    October 15, 2009 at 8:52 AM

  24. Untuk terapi jus buah dan sayur, Anda bisa mencarinya di http://belajar-berwiraswasta.blogspot.com. Terima kasih.

    belajar berwiraswasta

    July 8, 2010 at 3:11 PM

  25. wah saya penggila jus ni…suka banget apakah mengonsumsi jus tanpa makan makanan padat atau makanan padat hanya satu kali satu hari itu baik buat kesehatan….apakah benar mengkonsumsi jus timun adalah cara paling cepat menurunkan kolesterol ??
    suwun…

    aubrey diah

    October 21, 2010 at 2:02 AM

  26. halo,.saya mau tanya,.ayah saya sakit ginjal,.ureum dalam serum 275,.creatin dalam serum 18,6..apakah bisa disembuhkan dengan cara terapi jus buah dan sayur ? saya mohon resepnya dikirim ke email saya yach.
    thank’s.

    nonsy

    February 14, 2011 at 2:34 PM

  27. I skimmed above your post ( sorry, not the regular stuff that I study ), and I’m genuinely curious what theme you might be using? It really is genuinely effortless on my eyes and I could use some thing like that with my personal blog.

    Dugi Guides

    May 13, 2011 at 12:58 AM

  28. Bagus

    endah wahyuningsih

    November 15, 2011 at 1:49 PM

  29. selamat siang,makasih tas info nya,..tapi boleh minta tips nya donk,,..kalau buat paru-paru buat jus apa ea??
    biar egak sesek ama biar nambah nafsu makan nya.,
    thanks before,.

    Alvi Ditipuw Cindta

    December 26, 2011 at 12:53 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: